Assalamu'alaikum Wr. Wb. ---SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMP ISLAM AL AZHAR 23 KALIBANTENG SEMARANG, WUjudkan Generasi EXPERT---Info: (024)7602167 atau WA: 085600468100 (Mr. Sandy)--- Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Prakata Kepala Sekolah

Assalamu'alaikum wr. wb.
Selamat Datang di Website resmi SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng Semarang yang kami beri alamat www.alazhar23smg.sch.id, Syukur Alhamdulillah dengan Ridho Allah SWT, kehadiran website ini akan memudahkan semua pihak mengakses informasi tentang sekolah.

Tuntutan era globalisasi dan era digital yang menjadikan informasi sebagai sumber daya percepatan perilaku ekonomi, politik, sosial, dan budaya, menyebabkan arus dan daya serap informasi dilakukan melalui media elektronik yang serba cepat pula.

Jumat, 14 Maret 2014

Aksi Peduli Lingkungan dengan Menanam Mangrove

Hari kamis, 6 Maret 2014 murid kelas IX SMP Islam Al-Azhar 23 Semarang mengadakan kegiatan fieldtrip sebagai agenda setiap tahunnya. Untuk fieldtrip kali ini murid diajak menghijaukan bumi dengan 'menanam mangrove' di kawasan Tambak Tapak, Kecamatan Tugu, Semarang. Mangrove memiliki peranan penting sebagai benteng alam yang melindungi daratan dari gerusan air laut yang dapat mengakibatkan abrasi. Selain itu, keberadaan hutan yang juga biasa disebut hutan bakau ini dapat menjaga ekosistem pesisir sehingga keanekaragaman hayati di kawasan itu masih tetap lestari dan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Acara digelar atas kerjasama SMP Islam Al-Azhar 23 Semarang dengan Tim Prenjak (Komunitas peduli lingkungan yang ada di kelurahan Tapak).
Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh murid kelas IX yang didampingi guru.

Sebelum melakukan penanaman para murid diberikan pengarahan oleh tim prenjak tentang jenis tanaman mangrove, dan manfaatnya bagi kehidupan lingkungan disekitarnya. Sesampainya dilokasi setiap murid dibagikan bibit mangrove, untuk selanjutnya ditanam disekitar tambak warga.
Nampak murid sangat menikmati pengalaman pertama menanam mangrove secara langsung untuk menjaga lingkungan dari kerusakan. Cuaca terik tidak menyurutkan semangat untuk bisa menanamkan kepedulian terhadap masyarakat yang berada disekitar pantai. Murid juga disuguhi berbagai kue hasil olahan buah mangrove.
Menurut Ibu Donik Agus Riyanti, S. Pd selaku Ketua Panitia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap keseimbangan lingkungan alam disekitar daerah pantai dan membantu mencegah dampak abrasi di Tambak Tapak khususnya dan di daerah sekitar pantai pada umumnya. Selain itu, kegiatan fieldtrip ini juga bertujuan untuk memupuk rasa syukur atas anugerah alam ciptaan Alloh SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes Redesign by Mung Bisnis