PENJARINGAN MURID BARU ANGKATAN XV TA 2024/2025 TELAH DIBUKA - Segera daftar dan dapatkan diskon khusus - Klik www.alazharkalibanteng.or.id

Senin, 26 Januari 2015

LDKM OSIS SMP Islam Al Azhar 23


LDKM (Latihan Dasar Kepemimpinan Murid) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh SMP Islam Al Azhar 23. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 16-17 Januari 2015 dengan lokasi di SMP Islam Al Azhar 23. Kegiatan LDKM adalah program yang melibatkan seluruh pengurus OSIS dan pengurus MPK SMP Islam Al Azhar 23 serta beberapa guru yang aktif dalam kepanitiaan maupun pengisi materi kegiatan LDK. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan jiwa kepemimpinan, menjalin silaturahmi yang lebih baik dalam ukhuwah islamiyah dan pada khususnya kegiatan ini merupakan pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan, pengorganisasian dan perencanaan program kegiatan serta evaluasi kegiatan. Seperti yang kita ketahui bersama, LDKM adalah sebuah latihan dasar kepemimpinan yang ditujukan untuk melatih para calon pengurus OSIS baru agar dapat menjadi pemimpin yang berkualitas dan dapat menjadi teladan bagi murid  lainnya di sekolah.

Kegiatan LDKM dilakukan didalam ruangan dan diluar ruangan dengan memberikan materi-materi dasar kepemimpinan. Materi yang diberikan antara lain Kepemimpinan dalam Islam, Keorganisasian, Problem Solving, Kemampuan berkomunikasi dan tampil di depan, Manajemen Organisasi.


Acara dimulai dengan pembukaan oleh ketua panitia Arga Pandu L, S.Pd dan dilanjutkan pengarahan oleh Kepala SMP Islam Al Azhar 23 Ruswanto, S.Pd.  Tak lupa diawali dengan sholat ashar berjamaah. Acara selanjutnya yaitu materi, makan malam dan dilanjutkan tidur. Tetapi pada sekitar pukul 02.00, para peserta dibangunkan oleh pembina LDKM untuk melakukan kegiatan “Menyibak kabut malam”., yakni setiap peseta mendapat tugas mencari benda di kegelapan malam dengan kata kunci yang telah diberikan,dan hanya dengan bantuan korek api saja.  Walau dengan penuh rasa kantuk, para peserta tetap bersemangat menjalankan kegiatan ini, akan tetapi mereka mendapat pelajaran berharga untuk tidak menyepelekan hal hal kecil.
Pada pagi harinya peserta mengikuti outbond yang telah dirancang oleh panitia Pembina LDKM, dengan diawali jalan sehat keliling kompleks. Di tengah perjalanan ada pos-pos yang memberikan games yang harus diselesaikan sebagai syarat untuk menuju pos selanjutnya. Isi games yaitu: Uji kecerdasan dengan teka-teki, Olah tubuh antara lain lari karung, memasukkan kelereng  dalam botol  dan pos tindakan wujud cinta tanah air. Acara ditutup dengan ungkapan pesan dan kesan dari peserta LDKM, saling tukar kado antar, dan pemberian hadiah krpada kelompok dan peserta terbaik.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar