PENJARINGAN MURID BARU ANGKATAN XV TA 2024/2025 TELAH DIBUKA - Segera daftar dan dapatkan diskon khusus - Klik www.alazharkalibanteng.or.id

Sabtu, 17 September 2016

Peringatan Idul Adha 1437 H di SMPI Al Azhar 23 Kalibanteng


Sebagaimana termaktub dalam Al Qur’anul Karim surat Al Kautsar ayat 1-3, bahwa Allah memberi nikmat yang berlimpah tak terhingga. Oleh karena itu sudah seharusnya kita, hamba-hamba-Nya, bersyukur dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan sebenar-benar takwa. Salah satu wujud rasa syukur kepada Allah adalah kita berkurban atas rizki yang Ia berikan dengan cara menyembelih hewan kurban yang telah disyariatkan oleh agama.
Setelah shalat lima waktu, berkurban merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan. Artinya berkurban akan lebih bermakna dan tidak sia-sia manakala seorang hamba mempunyai ketaatan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.
Berkurban mempunyai hukum sunah mukaddah, artinya sebuah bentuk kesunahan yang  sangat dianjurkan bagi mereka yang diberi kemampuan materi berlimpah.
Adapun kedudukan berkurban di sisi Allah, dijelaskan dalam hadist Nabi, yaitu: “Dari Aisyah r.a berkata: ‘Tidak ada satu pun perbuatan manusia yang paling disukai oleh Allah pada Hari Raya Haji (selain) dari mengalirkan darah (berkurban). Sesungguhnya orang yang berkurban itu datang pada hari kiamat membawa tanduk, bulu, dan kuku binatang itu dan sesungguhnya binatang kurban itu dan darah yang mengalir itu akan lebih cepat sampai kepada Allah (dari darah itu) jatuh di permukaan bumi. Maka sucikanlah dirimu dengan berkurban itu’”.
Inilah kesempatan baik bagi umat muslimin untuk memperhatikan nasib saudaranya yang kurang beruntung dengan berkurban.
Alhamdulillah, panitia idul adha 1437H telah melaksanakan program yang dicanangkan oleh sekolah dengan baik dan lancar tanpa ada halangan yang berarti. Adapun tema yang diusung panitia pada tahun ini adalah “Berkurban Berbagi Kebahagiaan”.
Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari/ tanggal : Senin, 12 September 2016 Pukul 06.30 – 15.00 WIB bertempat di Kampus SMP Islam Al azhar 23, Jl. Sri Kuncoro III No. 5 Semarang.
Kegiatan di awali dengan sholat idul adha di lapangan sekolah yang diikuti oleh murid, guru, walimurid, security, OB dan dilanjutkan dengan acara pemotongan hewan qurban. Adapun hasil infak, titipan hewan qurban dan penyalurannya adalah sebagai berikut :
  • Infak murid sejumlah Rp 27.328.400 diwujudkan dalam bentuk 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing
  • Titipan hewan qurban berupa 1 ekor sapi dan 17 ekor kambing dengan rincian 1 kambing dari infak guru, 2 kambing dari SMAIA 15, dan 14 kambing dari wali murid.
  • 300 kantong daging sapi disalurkan ke Guru, OSIS, dan warga sekitar.  
  • 300 kantong daging kambing disalurkan ke warga Kalibanteng Kulon RT 04, RT 05, RT 06, RT, 07, RT 08 RW III Semarang.
Terima kasih atas semua amanah yang telah dititipkan oleh bapak/ibu walimurid kepada kami panitia idul adha 1437 H SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng,  semoga amal ibadah bapak/ibu dibalas dengan kebaikan oleh Alloh, SWT. Amin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar