PENJARINGAN MURID BARU ANGKATAN XV TA 2024/2025 TELAH DIBUKA - Segera daftar dan dapatkan diskon khusus - Klik www.alazharkalibanteng.or.id

Rabu, 21 Juni 2017

Layanan Tahfidzul Qur'an Membawa Lulusan Angkatan V SMP Islam Al Azhar 23 Raih Predikat Hafidz Juz 30 dan Surat Pilihan

Salah satu program unggulan SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng Semarang adalah layanan tahfidzul qur'an. Layanan ini bersifat kontinu dan berkesinambungan dengan melibatkan berbagai program aksi yang ditujukan untuk memaksimalkan capaian hafalan dan kecintaan murid untuk menghafal Al Qur'an.
Menghafal Al Qur'an memerlukan tekad kuat dan didasari oleh kecintaan kepada Allah swt untuk mentadabburi aya-ayatNya. Pagi hari selepas ikrar pagi, seluruh murid diajak untuk muroja'ah surat atau beberapa ayat dan kemudian setiap murid harus menyetorkan hafalan kepada guru pembimbing yang telah ditetapkan oleh sekolah. Jika satu hari menyetor dua ayat saja, bagaimana apabila diilakukan satu minggu, bagaimana jika sebulan, bagaimana jika satu semester, apalagi satu tahun pelajaran. Maka capaian hafalan minimal satu juz akan terasa ringan apabila hafal ini dapat dilakukan dan diikuti dengan disiplin diri yang tinggi.
Prosesi Khotmil Qur'an pada Akhirussanah Angkatan V 26 Mei 2017 di Gd Ronggowarsito

"Setiap murid cukup menyetorkan dua sampai tiga ayat saja tiap pagi hari dan di akhir pekan melakukan setoran secara akumulatif dari ayat-ayat yang sudah disetorkan. Insyaallah lulus dari SMP Islam Al Azhar 23 akan mampu menyelesaikan hafalan dengan tartil minimal 1 juz", ungkap Mutohar, S.Ag, Kepala Urusan Keagamaan.
Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan orang tua, guru pembimbing, serta tekad kuat dari murid angkatan V SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng berhasil lulus dan bahkan 96,4% diantara mereka telah ditashih hafal 1 juz ditambah dengan surat-surat pilihan. Surat-surat pilihan yang berhasil dihafalkan diantaranya: Yaasin, Al-Waqi'ah, Al-Mulk, Ar-Rahman, Al-Mursalat, Al-Muzzammil, dan beberapa surat pilihan lainnya. Kepada murid yang telah menyelesaikan tahfidzul qur'an, sekolah memberikan apresiasi pada saat kegiatan akhirussanah. Mereka mendapatkan sertifikat serta bingkisan spesial berupa mushaf Al-Qur'an. Sekolah berpesan agar mereka menjaga benar hafalan Al-Qur'an yang telah diraih serta teruslah membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al-Qur'an.
SMP Islam Al Azhar 23 mencanangkan program tahfidz 2 juz untuk tahun pelajaran 2017/2018 bagi murid yang memang telah menyelesaikan tahfidz 1 juz. Insyaallah dengan kerjasama yang baik antara murid, guru pembimbing, serta dukungan penuh orang tua, capaian tahfidz akan maksimal. Demi suksesnya program layanan tahfidz 2 juz ini beberapa program pendukung telah dan akan terus dilakukan, salah satunya adalah pesantren akhir tahun dan pesantren Ramadhan yang dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar