PENJARINGAN MURID BARU ANGKATAN XV TA 2024/2025 TELAH DIBUKA - Segera daftar dan dapatkan diskon khusus - Klik www.alazharkalibanteng.or.id

Jumat, 08 Desember 2017

MasyaAllah, Asyiknya Membatik di Kampung Batik

Kegiatan Field Trip adalah kegiatan studi lapangan yang selalu dilaksanakan pada setiap semester di SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng Semarang. Melalui kegiatan Field Trip murid diberikan ruang untuk belajar secara langsung materi yang sedang atau telah dipelajari. Tentunya konsep pembelajaran langsung dengan pengalaman empiris akan memberikan kesan yang menyenangkan bagi para murid. Bukan hanya dari sisi akademik (keilmuan) saja, tetapi dari sisi kecerdasan spiritual dan sosial akan terpupuk lebih baik lagi.
Kegiatan Field Trip Kelas VII di semester gasal Tahun Pelajaran 2017/2018 yakni membatik di Kampung Djadoel, salah satu Kampung Batik kenamaan di Semarang. Kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah di Halaman SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng kemudian rombongan murid didampingi oleh para guru pendamping menuju ke Kampung Djadoel untuk menerima pembelajaran lapangan yakni membatik.
Selesai sesi pembukaan, diberikan materi tentang pengenalan alat-alat membatik mulai dari lilin, canting, objek batik, dan perlengkapan lainnya. Selanjutnya para murid diberikan pengarahan tentang cara membatik yang benar oleh pemateri (instruktur) dari Kampoeng Djadoel. Selesai menerima pengarahan, para murid sudah tidak sabar untuk praktik membatik secara langsung. Benar saja, demikian antusiasnya para murid membatik hingga karya mereka selesai dengan nyaris sempurna. Masya Allah... Demikian asyiknya kegiatan membatik. Semoga batik sebagai salah satu warisan budaya bangsa Indonesia dapat terus lestari dan terus lahir inovasi-inovasi baru ke depannya. Amin.
Pembukaan Field Trip oleh Kepala Sekolah

Lokasi Field Trip, Kampoeng Djadoel, Kampung Batik Semarang
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar