Just another free Blogger theme

Minggu, 31 Maret 2019

Seluruh murid kelas VII SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng Semarang mengikuti kegiatan Homestay dan Outdoor Study di Desa Tanon Ngrawan Kecamatan Getasan pada 28-30 Maret 2019. Melalui kegiatan homestay diharapkan para murid Azagas memiliki kemandirian yang baik serta memiliki bekal hidup bermasyarakat. Selain itu tentunya karakter kepedulian, tanggung jawab serta karakter akhlak mulia lainnya dapat terpupuk melalui kegiatan yang aplikatif. 
Dalam kegiatan Homestay para murid Azagas tinggal satu rumah bersama dengan warga Desa setempat. Mereka mendapat pengalaman langsung bagaimana tinggal di rumah yang mayoritas memiliki ternak sapi dengan makanan khas desa baik buah ataupun sayuran. Para peserta Homestay selama tiga hari diberikan pembelajaran secara langsung dalam hal berkebun, beternak, berwirausaha serta belajar kesenian. Beberapa kegiatan yang mereka jalani di antaranya: membuat produk olahan susu berupa greenis, sabun susu, permen susu, serta belajar membuat tempe. Selain itu mereka belajar dan praktik mengolah lahan, pembibitan hingga penanaman. Mereka juga belajar merumput, memberi makan sapi sampai memerah susu sapi. Para peserta Homestay juga dilatih permainan tradisional seperti dakon, halma, tik tak, gobag sodor dan permainan tradisional lainnya yang setelah mereka ketahui ternyata sungguh kreatif dan tak kalah dengan game yang mereka mainkan di gadget mereka, bahkan jauh lebih menarik. Di samping itu, mereka belajar gamelan, membuat karya seni topeng, serta mengikuti pagelaran tari tradisional.
Selama homestay, para murid tetap menerima pembimbingan keagamaan mulai dari shalat tahajud bersama, shalat fardhu berjamaah, tadarrus Al Qur'an, serta kajian dan motivasi keagamaan. Mereka bersama para guru pendamping juga bersilaturahim kepada tokoh masyarakat setempat hingga didoakan agar menjadi generasi yang sholih-sholihah serta memiliki kepedulian yang baik.
Pada hari terakhir para murid Azagas peserta Homestay berkesempatan menikmati keindahan alam pedesaan dengan mengikuti Jelajah Lereng Telomoyo. Mereka mendapat pengalaman langsung belajar sejarah dengan mengunjungi situs bersejarah di desa tersebut yakni Prasasti Ngrawan serta menikmati keindahan sekaligus tadabbur alam di Air Terjun Kali Pancur yang terletak di lereng gunung Telomoyo. Semoga menjadi kegiatan yang bermanfaat dan menginspirasi. Aamiin.









Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar