PENJARINGAN MURID BARU ANGKATAN XV TA 2024/2025 TELAH DIBUKA - Segera daftar dan dapatkan diskon khusus - Klik www.alazharkalibanteng.or.id

Senin, 04 Juli 2022

AZAGAS SAMBUT KURIKULUM MERDEKA DENGAN IHT

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensialpengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.

Kurikulum Merdeka sudah diuji coba di 2.500 sekolah penggerak. Tidak hanya di sekolah penggerak, kurikulum ini juga diluncurkan di sekolah lainnya. Menurut data Kemdikbud Ristek, sampai saat ini, telah ada sebanyak 143.265 sekolah yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka. Jumlah ini akan terus meningkat seiring mulai diberlakukannya Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023 di jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA.

Menurut Kemdikbud Ristek, rencananya, Kurikulum Merdeka ini akan dijalankan sebagai opsi tambahan terlebih dahulu selama tahun 2022-2024 dalam rangka pemulihan pembelajaran pasca pandemi. Nah, nantinya mulai tahun 2024, diharapkan Kurikulum Merdeka sudah bisa fully implemented secara nasional.  Di tahun 2024 juga, Kemdikbud Ristek akan mengkaji ulang mengenai implementasi Kurikulum Merdeka ini berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

Jadi, untuk saat ini, sekolah bisa mulai mengimplementasikan kurikulum baru ini secara bertahap sesuai dengan kesiapan masing-masing sekolah. Sesuai dengan kebijakan dari Pemerintah tersebut, SMP Islam Al Azhar 23 melaksanakan In House Training dengan Tema "Implementasi Kurikulum Merdeka".

gambar 1.1 Guru dan Karyawan SMPIA 23 mengikuti IHT IKM

gambar 1.2 Pembukaan IHT IKM oleh Kepala SMPIA 23 (Nomor 3 dari kiri)

Kegiatan ini mendatangkan Bapak Arief Ediyanto, M.Pd, beliau adalah Peneliti Ahli dan Kepala SMKN 9 serta Bapak Drs. Slamet Santosa, M.Pd. beliau adalah Pengawas Subyaron 4.

gambar 1.3 Bapak Drs. Slamet Santosa, M.Pd.

gambar 1.4 Bapak Arief Ediyanto, M.Pd

Acara Implementasi Kurikulum Merdeka ini diikuti oleh segenap guru dan karyawan SMP Islam Al Azhar 23 untuk menyongsong Kurikulum Merdeka yang insha Allah akan dilaksanakan di kelas VII Tahun Ajaran 2022/2023.


gambar 1.5 para guru dan karyawan nampak antusias mengikuti IHT IKM

Semoga dengan pembekalan ini, bapak/ibu guru dapat memahami dan mengaplikasikan ke murid-murid kelas VII nantinya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar