PENJARINGAN MURID BARU ANGKATAN XV TA 2024/2025 TELAH DIBUKA - Segera daftar dan dapatkan diskon khusus - Klik www.alazharkalibanteng.or.id

Senin, 27 Maret 2017

Fieldtrip kelas 8 membuat telor asin

Berwirausaha merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan membutuhkan perhitungan yang matang. Seorang pengusaha harus mempunyai feeling pembelian dan penjualan yang bagus. Feeling ini didapat dari pengalaman usaha sehari-hari baik itu mendapat laba maupun kerugian. Atas dasar ini, maka pada murid kelas 8, sekolah mengadakan fieldtrip dengan tema membuat telur asin.
Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Jum'at 24 Maret 2017 bertempat di ruang serbaguna dan hall/atrium sekolah. Kegiatan ini mendatangkan pakar pembuat telur asin yang telah cukup lama dalam usaha ini. Kegiatan diawali dengan sambutan Bpk Dian sekaligus membuka kegiatan, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi proses pembuatan telur asin yaitu diawali dari pengetahuan tentang bahan, proses produksi, teknik pengemasan dan cara pendistribusian atau pemasaran.
Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan praktek langsung pembuatan telur asin. Murid dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok juga diberikan beberapa telur. kewajiban setiap kelompok yaitu membersihkan telur dari kotoran dan melumurinya dengan bahan-bahan yang telah di siapkan.
Setelah proses melumuri telur selesai, kita tinggal menunggu paling cepat 15 hari agar telur dapat dibersihkan dan selanjutnya di rebus. Setelah proses perebusan selesai, telur didiamkan terlebih dahulu agar benar-benar kering dan siap di kemas. Untuk pemasarannya sementara masih di seputar sekolah.
Harapannya semoga bisa dipasarkan di masyarakat dan dapat menjadi salah satu ikon kuliner khas semarang yang sangat di cari pendatang/wisatawan. Amin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar